Seni Budaya : Menggambar Model (BAB Seni Rupa)
Menggambar
Model Bab Seni Rupa.
Assalamuaalikum anak-anak ku sekalian silah kan kalian pelajari materi ini dengan baik. Kali ini kita akan belajar dengan tema
'Menggambar Model'. Kalian dapat menemukan tema tersebut saat kalian berada di
bangku SMP kelas 8 Semester 1. Oke, saya akan mengenalkan dahulu alur
belajarnya ya! Bisa kalian lihat di bawah ini.
Menggambar Model
A.
Pengertian dan Konsep Dasar
Menggambar
model adalah kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model yang akan
digambar. Objek gambar model dapat berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan
kumpulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi,
keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang
utuh.
Menggambar model merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh seorang perupa. Pada menggambar model diperlukan ketekunan dan ketelitian agar hasil yang dicapai sesuai dengan objek yang digambar. Semua objek baik benda mati maupun benda hidup dapat dijadikan sebagai model.
B.
Prinsip-prinsip Menggambar Model
Dalam
menggambar model, kita harus mematuhi prinsip-prinsip yang ada, agar karya rupa
yang kita hasilkan nanti dapat memberikan suatu sentuhan dalam hal keindahan
serta kenyamanan saat melihatnya. Berikut ini prinsip-prinsip menggambar model
yang harus anda ketahui:
1. Komposisi
Komposisi
merupakan cara kita mengatur dan menyusun objek gambar, warna objek gambar,
jenis objek gambar, dan latar belakang gambar. Komposisi pada umumnya dapat
dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: komposisi simetris, komposisi asimetris, dan
komposisi sentral.
2. Proporsi
Proporsi
merupakan perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian yang
menjadi objek gambar.
3. Keseimbangan
Keseimbangan
adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang
dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh
dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan
sudut pandang penggambar.
4. Kesatuan
Kesatuan
adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang
diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek
gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.
C.
Unsur-unsur dalam Menggambar Model
Perlu juga diperhatikan bahwa menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang (pencahayaan). Pemahaman kita terhadap unsur-unsur rupa tersebut sangat membantu dalam menggambar model. Unsur-unsur rupa tersebut antara lain:
D.
Media dan Alat untuk Menggambar Model
Beberapa
alat dan bahan yang dapat digunakan dalam menggambar model dapat di jumpai dalam
berbagai ukuran dan jenis barang seperti:
1.
Pensil
2.
Penghapus
3.
Kertas
4.
Pensil Warna
5.
Krayon
6.
Penggaris
7.
Cat Air
E.
Teknik-teknik Menggambar Model
Banyak
teknik yang dapat kalian gunakan dalam menggambar model. Pada artikel ini, saya
hanya akan memberitahukan 5 teknik umum yang sering dipakai dalam menggambar
model. Teknik-teknik tersebut antara lain:
1. Teknik ARSIR
Teknik
mengambar arsir lebih menekankan pada kekauatan garis (stroke). Dilakukan
berulang-ulang secara sejajar maupun tumpang berpotongan, hal ini dilakukan
untuk memberikan kesan gelap.
2. Teknik DUSSEL (GOSOK)
Teknik
menggambar ini menggunakan bantuan kapas atau alat khusus yang berupa gulungan
kertas (bentuknya mirip pensil), bahkan jari-jari kitapun dapat digunakan untuk
teknik menggambar yang satu ini.
3. Teknik BLOK (silhouette)
Teknik
ini lebih menekankan pada perwujudan karakter objek. Dengan hanya melihat
silhuetnya saja kita bisa menebak bentuk dari objek tersebut.
4. Teknik TITIK (POINTILISME )
Teknik
menggambar ini menitikberatkan pada penggunaan titik (dot) untuk membentuk
gambar. Kerapatan penyusunan titik-titik adalah untuk menentukan gelap terang
dari suatu objek agar tampak pejal (kesan tiga dimensional).
5. Teknik AQUAREL
(TRANSPARAN)
Teknik menggambar ini menggunakan media basah agar supaya menghasilkan warna yang transparan
F.
Cara Menggambar Model
1. Mempersiapkan objek gambar
model (contoh: alam benda) yang akan digambar.
2. Mulailah membuat sketsa,
yaitu menggambar bentuk global dengan memperhatikan
proporsi, bentuk, objek yang
digambar.
3. Berikan kesan gelap terang
pada setiap bagian objek dengan menggunakan arsiran sampai
terlihat perbedaannya.
4. Buatlah detail pada setiap
objek.
5. Perjelas setiap bagian objek
dengan warna yang sesuai model.
6. Penyelesaian akhir gambar dilakukan dengan penjelasan gambar sesuai dengan karakter objek masing-masing benda yang digambar
G.
Rangkuman/Kesimpulan
Menggambar
model adalah kegiatan menggambar yang menggunakan model sebagai objek
gambarnya. Objek gambar model dapat berupa tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia, dan
benda-benda. Setiap model gambar memiliki bentuk dan karakter yang berbedabeda.
Proses menggambar model sebaiknya dimulai dengan bentuk-bentuk global untuk
mempermudah penyelesaian gambar terutama dalam menentukan komposisi, bentuk
objek, dan penguasaan bidang gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar